Home Products Blog Contact Request
Blog
 

MONDAY, SEPTEMBER 20, 2010


Jenis-jenis lantai kayu solid dan cara pemasangannya.



Perataan permukaan lantai kayuSecara garis besar, lantai kayu solid dibagi 2 jenis yaitu Finished dan Unfinished.
Apabila anda berkunjung ke satu toko bangunan ataupun toko yang khusus menjual lantai kayu, kemudian anda melihat ada display bilah-bilah lantai kayu yang permukaannya sudah halus mengkilat dan indah, bisa dipastikan ada sedang melihat bilah lantai kayu jenis Finished. Lantai kayu jenis ini permukaannya difinishing menggunakan zat yang hanya bisa kering sempurna apabila disinari dengan sinar Ultraviolet, oleh karenanya biasanya lantai jenis ini disebut UV Finished. Pada umumnya toko-toko bahan bangunan yang menjual lantai kayu hanya menjual jenis UV finished ini.

Mungkin anda mengira bahwa perbedaan antara bahan lantai kayu Finished dan Unfinished hanyalah sekedar bahwa yang Unfinished adalah bahan lantai kayu yang belum selesai dalam proses produksi, sedangkan yang UV Finished sudah final dan siap dipasang, hanya itu perbedaannya. Ternyata perkiraan anda kurang tepat. Kedua jenis bahan lantai kayu ini nantinya dalam proses pemasangan akan menempuh "jalur" yang sangat berbeda. Bahan lantai kayu yang UV Finished akan dipasang menggunakan sistem Floating, sedangkan yang Unfinished akan dipasang menggunakan sistem Gluedown. Dua sistem ini secara teknis tidak mungkin dibolak-balik, UV Finished tidak mungkin bisa dipasang menggunakan sistem Gluedown, sedangkan yang Unfinished sangat tidak tepat apabila dipasang menggunakan sistem Floating.

* Sistem Floating : adalah cara pemasangan lantai kayu dimana bilah-bilah bahan lantai tidak di lem langsung diatas aci, tetapi antara aci dan bilah bahan lantai kayu diberi bahan perantara yaitu Foam khusus, atau bisa juga bahan Foam tsb diganti dengan Triplex. Kegunaan Foam atau Triplex ini adalah untuk meng-antisipasi aci yang tidak rata. Aci, karena dibuat oleh tangan manusia, maka tidak mungkin akan rata seperti kaca, disana sini pasti akan terjadi ketidak-rataan atau terjadi benjolan-benjolan pada permukaan semen yang apabila bilah lantai kayu ditempelkan langsung pada aci tentu permukaan lantai kayu juga akan naik turun tidak rata mengikuti permukaan aci dibawahnya. Apabila bahan lantai sudah difinishing tentu permukaan lantai kayu tsb tidak mungkin lagi di serut/sanding untuk meratakan permukaan, karena kalau hal ini dilakukan tentu lapisan finishing akan terkelupas. 
Supaya permukaan lantai kayu yang sudah UV Finished bisa rata walaupun dipasang diatas aci yang kurang rata, maka dibawah bilah bahan lantai kayu perlu dipasang Foam atau Triplex yang dipaku tembak pada aci.
Pemasangan lantai kayu menggunakan Foam ini sangat mudah dilakukan, apalagi saat ini dipasaran banyak tersedia bahan lantai kayu UV Finished yang pada tepinya diberi takik pengunci yang disebut Click System. Dengan sistem klik ini, untuk memasang lantai kayu tsb anda tinggal menggelar Foam diatas aci atau diatas lantai keramik, kemudian satu per satu bilah lantai kayu anda letakkan saling mengunci satu sama lain tanpa lem, seperti menggelar karpet. Ada juga bahan lantai Finished yang tanpa pengunci, sehingga pemasangannya memerlukan lem. 

Kemudahan dan kecepatan cara pemasangan lantai kayu jenis UV Finished bukannya tanpa kelemahan. Konsekwensi logis dari cara pemasangan ini adalah Foam atau Triplex yang lebih cepat rusak dibanding bilah lantai kayunya. Disamping itu, untuk lantai kayu UV Finished yang memakai sistem klik, seiring berjalannya waktu, apabila kelembaban diudara menjadi tinggi, apabila diinjak akan mengeluarkan bunyi berderit-derit.
Lantai kayu yang sudah bertahun-tahun terpasang, kemudian dibongkar untuk diganti Foam atau triplex dibawahnya, mempunyai resiko kerusakan yang tinggi, bahkan untuk pemasangan yang menggunakan lem, hampir bisa dipastikan bilah lantai kayu itu akan rusak.
Kelemahan lain yang mungkin untuk sebagian orang tidak bisa diterima adalah celah antar bilah yang akan lebih terlihat, tidak seperti pemasangan dengan sistem Gluedown dimana bilah-bilah lantai kayu terlihat rapat menyatu tanpa celah yang terbuka.

* Sistem Gluedown : adalah cara pemasangan lantai kayu yang khusus diperuntukan bagi produk lantai kayu yang belum difinishing (Unfinished). Sistem Gluedown adalah merekatkan langsung bilah lantai kayu ke aci menggunakan lem. Karena bilah-bilah lantai kayu belum di finishing, apabila setelah selesai dipasang terjadi ketidak-rataan pada permukaan akan bisa diatasi dengan jalan dilakukan peng-ampelas-an (sanding) menggunakan alat khusus. Setelah beberapa kali dilakukan sanding, celah-celah antar bilah ditutup dengan woodfiller kental, sedangkan permukaan bilah di guyur dengan woodfiller yang lebih encer. Setelah dilakukan sanding lagi, kemudian di aplikasikan sanding sealer sebelum dilakukan finishing beberapa lapis menggunakan Polyurethane.
Hasil dari pekerjaan yang cukup rumit dan menuntut skill dan pengalaman ini adalah lantai kayu yang halus mulus dan nampak menyatu tanpa adanya celah antar bilah yang terbuka. Disamping penampilan finishing dengan Polyurethane yang terkesan lebih mewah, juga lantai kayu yang dipasang dengan sistem Gluedown ini lebih tahan air karena keseluruhan permukaan lantai kayu terutup rapat oleh woodfiller, sanding sealer dan zat Polyurethane.
Kelemahan dari sistem Gluedown adalah pengerjaannya yang memakan waktu lama, harus dikerjakan oleh orang yang berpengalaman dan peralatan khusus yang diperlukan untuk melakukan finishing pada sistem Gluedown ini harganya relatif mahal. Kelemahan karena waktu pengerjaan yang lama menjadikan sistem ini bukan pilihan tepat untuk pemasangan yang bersifat renovasi pada kantor-kantor atau toko, rumah makan dan tempat bisnis lain yang tidak mungkin bisa mentoleransi "gangguan" untuk waktu yang cukup lama (sekitar 3 minggu). Untuk tempat-tempat seperti ini maka sistem Floating dengan bilah-bilah yang sudah UV Finished mungkin menjadi pilihan satu-satunya.


posted by INDO MULTI CREATIVE | 17:40 | Lantai Kayu

comments (0)



1 - 1 of 1


Indo Multi Creative

Jakarta - Indonesia


Produsen lantai kayu solid dan multilayer engineered. Bahan baku kayu asli Indonesia.



Jenis-jenis lantai kayu solid dan cara pemasangannya. 


  RSS



september 2010




LANTAI KAYU (1)



admin*











 Home   Bahasa Indonesia  Official Homepage  Video Proyek Lantai Kayu  Products   Wooden Flooring  Indoor & Garden Furniture  Blog   Blog  Contact Request   Contact Request


Copyright 2010©IndoMultiCreative